Mengolah Tempe "Gagal"

by - June 08, 2024

Sesungguhnya tidak ada kata gagal dalam kehidupan, hanya pembelajaran dari suatu pengalaman.. Begitu juga dalam membuat tempe.. Ada kalanya berhasil jadi tempe, ada kalanya gagal jadi kayak tempe sangit..


Tapi tak mengapa.. karena kegagalan dalam pembuatan tempe hanyalah pembelajaran dari pengalaman serta mendorong kita untuk menjadi lebih kreatif dalam mengolah sumber daya makanan supaya tidak terbuang sia-sia.

Oleh karenanya, mari kita cekidot apa saja alternatif masakan dari tempe yang gagal atau tempe sangit.. daripada dibuang, kan maneman yak kalau kata emak2 sekalian..

Nah, ini alternatif dari keluarga Arief Rahman Hakim..
1. Tempe mendol
Hidangan yang dibuat dengan tempe sangit, tapi baiknya dibuat tipis-tipis.. soalnya kalau tebal, rasa sangitnya terlalu kuat.. kurang enak untuk dimakan.
2. Jadi base untuk topping mie ayam
Nah, biasanya kalau bikin mie ayam, toppingnya kan ayam gitu ya.. kadang ditambah jamur juga bisa biar tambah sedap.. ternyata, bisa juga lho ditambah tempe sangit.. tapi juga jangan banyak-banyak ya.. secukupnya saja biar rasanya tidak terlalu dominan..
3. Jadi base untuk nasi dan mie goreng 
Nah, ini lumayan enak nih ternyata. Sisa base topping ayam dengan tempe sangit, dibuat untuk bikin mie goreng atau nasi goreng ternyata enak juga lhoh! Papa Mama Noura doyan makannya..
4. Jadi base untuk sambal tumpang
Nah, ini juga bisa.. dulu pernah bikin dan lumayan enak..
5. Jadi base untuk sambal balado
Nah, kalau yang ini dari tempe mendol yang kuran diminati karena terlalu tebal, kita olah lagi nih.. dijadikan sambal balado pakai telor dan tahu. Enak alhamdulilah.
6. Jadi base buat tumis sayur
Nah, ini buat base tumis sayur ala kangkung gitu.. pakai saos tiram dan kecap asin serta manis.. lumayan enak tapi ya tergantung preferensi yaah. 

Oya, prinsipnya dalam pengolahan tempe sangit adalah ditambah kencur dan sereh gitu.. biar menurunkan rasa sangitnya.. dan bikin anget gitu di badan.

Alhamdulillah.. dengan berbagai alternatif di atas, kami akhirnya bisa makan semua tempe gagal deh! Selamat mencoba yaa..

You May Also Like

0 comments